Popular Post

Posted by : Unknown Selasa, 28 Oktober 2014

Fungsi-fungsi email: Untuk mengirim surat/konten secara elektronik dengan cepat dan murah.

Untuk mempromosikan barang dan jasa kepada pelanggan (email marketing).
Akun email berguna selayaknya kartu identitas pada situs dan aplikasi yang mengharuskan penggunanya untuk mendaftar.

Gambaran singkat email: Email/e-mail/electronic mail atau surat elektronik adalah metode pertukaran pesan digital dari penulis untuk satu atau lebih penerima.
Fungsi utama email adalah sebagai pengganti surat (dokumen) yang ditulis di kertas dengan tinta.
Tujuan dibuatnya email adalah untuk menghemat kertas, waktu dan biaya.
Pada awal-awal keberadaan email, pengirim dan penerima harus saling terhubung untuk dapat saling berkirim email, mirip seperti chat pada jaman ini, dengan sistem ini jangkauan email saat itu hanya meliputi jaringan lokal (intranet).

Selanjutnya dikembangkan email dengan server dan client, email yang ditulis pengirim akan disimpan di server lalu email bisa diterima dan dibaca apabila penerima men-download email dari server, dengan sistem ini jangkauan email meluas hingga bisa mengirimkan email pada jaringan antar kampus, jaringan antar gedung, jaringan komplek industri hingga jaringan metropolitan. Saat kemunculan internet, teknologi email juga berkembang sehingga bisa mengirim dan menerima email melalui jaringan internet, tapi tetap hanya kalangan terbatas yang memakai email pada saat itu, karena memerlukan software email client berbayar (yang tidak murah) untuk menggunakan email. Pada pertangahan 1990-an webmail mulai diperkenalkan, yaitu email client berbasis web yang membuat pengguna email bisa menggunakan email tanpa harus mempunyai software email client di komputernya, cukup dengan web browser maka pengguna email bisa saling berkirim email.
Webmail yang pada awalnya berbayar mulai ditawarkan secara gratis oleh Hotmail, langkah perusahaan yang kemudian dibeli oleh Microsoft itu membuat penyedia webmail lainnya mengikutinya. Banyaknya penyedia layanan email gratis membuat pengguna email terus bertambah

Pada akhir 1990-an email merupakan salah satu media pemasaran yang diminati, bersamaan dengan itu SPAM dan virus tumbuh menyebar, hingga sempat membuat banyak orang malas menggunakan email.
Sejak saat itu untuk melakukan email marketing harus menggunakan provider khusus email marketing seperti AWeber supaya email tidak dianggap SPAM. Setelah era Dot-com bubble/boom pada tahun 2000, perusahaan bidang Internet yang masih bertahan dari “ledakan” mulai bangkit dan banyak bermunculan website dan aplikasi yang mengharuskan pengguna mendaftar dulu untuk mengakses/menggunakan layanannya, contoh website: blog, forum diskusi, web portal, e-commerce dan jejaring sosial, contoh aplikasi: chat, messenger dan game. Sejak itu akun email dianggap sebagai kartu identitas, sehingga menjadi kebutuhan esensial pengguna internet.
Alamat email ditulis dengan username@namadomain.com, username/loginID itu seperti username pada umumnya dan karakter setelah “@” menunjukkan nama domain server (penyedia) layanan email.
Berbagai penyedia layanan webmail populer adalah Gmail, Yahoo! Mail, Outlook.com dan mail.com.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Ricky-Drakar's - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -